Kerjaan

Setelah lulus kuliah tahun 2013 sejujurnya saat itu masih bingung mau kerja apa dan dimana. Sampai kemudian sekitar 1 - 2 bulan setelah wisuda ada ajakan dari teman SMA untuk magang di salah satu majalah pertanian di daerah Depok. Itulah kantor pertama saya, belajar membuat design untuk majalah versi digital mereka yang hingga hari saya gak tau apakah jadi di launching atau tidak. Saya kagum dengan suasana kantor itu, mereka bersahabat, terlebih ketika waktu shalat dalam jam kerja seperti Zhuhur dan Ashar semua karyawan muslim bergegas ke mushola di belakang kantor, semuanya shalat berjama'ah, laki laki dan perempuan. Saya terpukau. Mas Andri adalah orang yang paling berjasa ngajarin saya dan Nayaka si teman SMA untuk membuat layout dengan Adobe Photoshop. Setelah sekitar dua bulan projek majalah versi digital mereka akhirnya tidak dilanjutkan dengan banyak pertimbangan. Artinya saya dan Nayaka pun tidak bisa melanjutkan bermain main dengan imajinasi kami disana. Saya gak pernah tau apakah projek itu dilanjutkan atau tidak.



https://creativemarket.com/inspirationfeed/24996-Smooth-Touch-Workspace
Kembali ke rutinitas saya sebagai marbot di sebuah kantor yayasan adalah salah satu pilihan ketika kisah diatas usai. Bercengkrama dengan gelas dan piring piring kotor di akhir pekan dan lalu lalang aktivitas yayasan di jalan Polisi masih saya lakukan hingga awal tahun 2015. Sementara ada beberapa panggilan kerja yang saya tolak karena ini dan itu, akhirnya di bulan Februrari 2015 saya bergabung sebagai Business Development di sebuah konsultan market research di Jakarta Selatan dan masih bertahan hingga hari ini. Disini kemudian saya belajar banyak hal, bukan hanya seputar dunia kerja tapi juga tentang dunia market research. Sungguh 'pemasaran' itu memang menarik dan penuh intrik, hal kecil yang setidaknya bisa saya dapatkan dari sini adalah saya menjadi lebih menghargai produk yang saya beli di warung atau mini market.

Kalau produsen dari produk yang saya beli kebetulan melakukan proses market research, yang saya bayangkan adalah banyak proses yang dilalui produk tersebut. kadang saya bertanya tanya, produk ini sempet ngelakuin product test gak ya? kalo iya mungkin lewat Focus Grup Discussion atau Central Location Test nih, setelah di launching mereka melakukan riset terhadap brand nya gak ya? produk ini market share tertingginya di daerah mana ya? siapa ya kompetitornya, cara mereka menjaga brand ini tetep laku dan disukai konsumen gimana ya? dan banyak pertanyaan lainnya. 

Saya bersyukur banyak belajar disini, suasana kekeluargaan yang membuat saya nyaman bekerja. Ditambah, hal yang saya temukan di kantor terdahulu juga ada disini; saling mengajak dan mengingatkan untuk shalat berjama'ah.

12/10/2016
08.33 Malam
Kisah ini yang akan saya baca lagi suatu hari nanti.


No comments:

Post a Comment